Jenis jenis sastra

Sastra (bahasa sangsekerta shastra) menupakan kata serapan yang mengandung instruksi atau pedoman, secara etimologi (asal usul kata) sastra ada bahasa yang indah atau tulisan yang indah. Secara umum jenis jenis sastra terbagi menjadi enam jenis yaitu :
  1. Novel
      Novel merupakan karya sastra fiksi atau karangan isinya biasanya berisi tentang cerita cinta, atau cerita misteri, penulis novel disebut novelis
  2. Cerpen
      Cerpen merupakan jenis sastra karya tulis yang menggambarkan kejadian singkat, cepat pada tujuannya, cerpen merupakan hasil paralel dari tradisi penceritaan lisan.
    Contoh cerpen:
  3. Syair
      Syair merupakan puisi atau karangan dalam bentuk terikat yang mementingkan irama sajak. Biasanya terdiri dari 4 baris, berirama aaaa, keempat baris tersebut mengandung arti atau maksud penyair (pada pantun, 2 baris terakhir yang mengandung maksud).
    Contoh syair :
  4. Pantun
      salah satu jenis puisi lama , lazimnya pantun terdiri atas empat larik (atau empat baris bila dituliskan), bersajak akhir dengan pola a-b-a-b dan a-a-a-a (tidak boleh a-a-b-b, atau a-b-b-a).
  5. Drama
      Satu bentuk karya sastra yang memiliki bagian untuk diperankan oleh aktor. Drama juga terkadang dikombinasikan dengan musik dan tarian, sebagaimana sebuah opera.
  6. Puisi
      Puisi merupakan tulasan yang menggambarkan perasaan, baik suka duka atau bahagia, dalam penulisan puisi tidak beraturan, kadang-kadang puisi ditulis hanya beberapa kalimat yang diulang-ulang, yang selalui disisipkan majas yang membuat puisi itu semakin indah.
    contoh puisi :
Inilah beberapa jenis jenis sastra semoga bermanfaat
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Cerpen cinta / Cerpen remaja / puisi dengan judul Jenis jenis sastra. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sastraku-siji.blogspot.com/2012/09/jenis-jenis-sastra.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Adi The best - Senin, 24 September 2012

1 Komentar untuk "Jenis jenis sastra"

  1. wah artikelnya sangat membantu untuk menambah pengetahuan saya. terima kasih

    BalasHapus