ciri ciri seledri

seledri
Seledri
Seledri merupakan jenis sayuran daun yang memilikia hijau dan umumnya digunakan sebagai bumbu penyedap dalam masakan. seledri yang masuk ke kategori sayuran ini sudah dikenal sebagai bumbu masakan sejak ribuan tahun lalu di Eropa seledri digunakan sebagai penyedap makanan sekaligus sebagai obat.
Ciri-ciri fisik tumbuhan seledri adalah memiliki tinggi kira-kira 25-100 cm, batangnya berbentuk persegi, beralur membujur, dan memiliki bunga kecil berwarna putih agak kehijauan yang jumlannya banyak.
Daun seledri dikenal karena mempunyai aroma khas yang membuatnya dimanfaatkan sebagai pelengkap di berbagai macam makanan, khususnya resep masakan Indonesia seperti; bakso atau bubur ayam dan juga sup. Sedangkan di Eropa dan beberapa negara Asia lainnya, bagian seledri yang digunakan sebagai bahan atau penyedap masakan bukan hanya daunnya namun juga tangkainya dimanfaatkan untuk bumbu penyedap masakan.
Selain sebagai bumbu penyedap masakan daun seledri juga dikenal sebagai tanaman herbal sejak dahulu, Awal Mesir, Yunani dan Romawi, seledri sudah dikenal sebagai tanaman obat yang bermanfaat mengatasi beberapa penyakit seperti :

  • flu
  • masalah pencernaan
  • limpa
  • maslah hati

Untuk di Indonesia, seledri dikenal sebagai salah satu alternatif obat herbal untuk mengobati hipertensi. Selain itu kandungan magnesium yang terdapat pada tumbuhan ini juga dapat berfungsi menghilangkan stress. Kandungan lainnya yang juga bermanfaat pada seledri adalah psoralen, yaitu zat kimia yang dapat menghancurkan radikal bebas biang penyebab kanker.


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Kesehatan dengan judul ciri ciri seledri. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sastraku-siji.blogspot.com/2012/12/ciri-ciri-seledri.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: adinew - Jumat, 14 Desember 2012

2 komentar untuk "ciri ciri seledri"