Cara membuat cerpen cepat

Cara membuat cerpen.

Setiap orang psti mempunyai pengalaman pribadi, baik yang mengesankan, kurang mengesankan, maupun yang paling mengesankan. Pengalaman tersebut kita peroleh dari apa yang pernah kita alami. Namun ada juga pengalaman yang sengaja kita cari dengan mengamati atau menyelidiki. Misalnya kita ingin mengetahui tentang laut kita akan pergi kelaut untuk mendapatkan pengalaman tentang laut.
dari pengalam yang kita peroleh, kita dapat mengembangkan menjadi sebuah karangan atau sebuah cerita. Kita tinggal mengingat-ingat kembali pristiwa yang pernah kita lalui. Namun, untuk mewujudkan karangan yang baik kita harus menggunakan satu urut-urutan peristiwa sebagai berikut:
  1. Urutan waktu atau kronologis,
    urutan pristiwa itu harus didasarkan waktu kejadian secara berurut, misalnya pristiwa itu terjadi dalam satu hari maka harus diurutkan dari jam yang paling awal sampai dengan jam yang terakhir.
  2. Urutankan tempat atau ruang.
    Urutan itu dipakai untuk melukiskan tempat pristiwa terjadi. Misalnya untuk melukiskan sawah yang padinya sedang menguning, urutan tempatnya adalah dimana letaknya, berapa luasnya, apa yang tampak didepan kiri, kanan dan belakangnya.
  3. Urutan klimaks.
    Dalam menguraikan pristiwa, pengarang dapat memulainya dari yang kurang penting meningkat ke pristiwa yang menegangkan sampai dengan pristiwa yang paling menegangkan. kemudian diakhiri dengan penyesalan.
Demikianlah pembahasan sastra indonesia tentang cara membuat cerpen cepat, contohnya :
Selamat membaca....

Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Cerpen remaja dengan judul Cara membuat cerpen cepat. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL http://sastraku-siji.blogspot.com/2012/11/cara-membuat-cerpen-cepat.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Adi The best - Senin, 26 November 2012

Belum ada komentar untuk "Cara membuat cerpen cepat"

Posting Komentar